Materi Ms. Word



    Yak, pada kesempatan ini saya akan membahas tentang penggunakan software besutan microsoft yaitu Ms. Word dalam pembuatan makalah yang baik dan benar. Microsoft word adalah sebuah perangkat lunak (software) pengolahan kata yang sering digunakan didunia kerja khususnya perkantoran dan dunia pendidikan. Sebagian besar penggunanya banyak yang tidak tau menggunakan software ini dengan baik dan benar, contohnya saya sendiri. Tetapi setelah mengikuti kelas PTI Bapak Jasson saya sudah sedikit mengerti dengan cara menggunakan software ini dengan baik dan benar.sebelumnya dalam penggunaan word saya masih serba manual Contohnya penulisan judul pada sebuah bab. Padahal hal-hal seperti itu bisa dilakukan dengan secara otomatis. 
   Artinya hanya sekali pengaturan semuanya akan mengikuti pola yang sudah di atur sebelumnya.Hal ini sangat besar sekali manfaatnya. Selain kerja lebih cepat. Pengaturan pada setiap judul akan sama dan seragam, begitu juga pengaturan-pengaturan yang lainnya. Selain itu banyak sekali kegunaan lainnya yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan trik membuat makalah tersusun rapih. Caranya adalah :

1. Setting Page layout
     
    Sebelum anda memulai mengetik, biasakan mengatur terlebih dahulu page layout document. Hal ini sangat pengting mengingat makalah yang akan sobat buat hasilnya akan di print out. Pengaturan page layout ini meliputi, pemilihan kertas yang akan digunakan untuk di printout, posisi kertas, jarak margin dan lain sebagainya. Adapun caranya sobat tinggal pilih menu page layout kemudain silahkan atur sesuai kebutuhan.


- Margins digunakan untuk mengatur jarak dari ujung kertas ke area teks atau tulisan.
- Orientation digunakan untuk mengatur posisi kertas
- Size digunakan untuk memilih ukuran kertas yang akan sobat gunakan untuk membuat makalah. Biasanya menggunakan ukuran kertas A4
- Columns digunakan untuk membuat kolom

2. Setting style di word

    Setelah  Berhasil Setting layout, yan anda lakukan untuk membuat makalah rapih adalah setting styles. Ini dilakukan untuk membuat style pada document makalah, jadi seluruh isi makalah menggunakan satu style yang sudah kita buat sebelumnya. Caranya adalah sebagai berikut:


  - Buka telebih daluhu Word lalu Pilih menu Home > klik kanan Style Normal > kemudian pilih modify… pengaturan ini adalah untuk mengatur style normal pada document word anda.  

  - Setelah pengaturan modify style muncul, klik format kemudian atur format font dan paragraph. Atur sesuai kebutuhan setelah itu oke untuk keluar.



   -  Lakukan hal sama pada Hading 1 dan 2 sebagai sub judul

 3. setelah semua sudah diatur, saatnya kita membuat sebuah makalah. pada umumnya bagian makalah seperti ini:

1. Cover makalah
2. Judul makalah
3. Daftar isi
4. Pendahuluan
5. Isi
6. Penutup
7. Daftar pustaka

  Secara default ketikan pada Microsoft word akan menggunakan style normal. Yang pengaturannya sudah anda lakukan diatas.Jika anda mau membuat judul, silahkan tulis judul yang sobat inginkan, kemudian pilih style heading 1, begitu juga untuk sub judul, sobat pilih heading 2.


  4. Cara Membuat Daftar isi
  
- Buka document yang akan diberi daftar isi
- Aturlah styles nya. Normal = untuk tulisan normal,  Heading 1 = untuk judul, Heading 2 = untuk sub judul. Pengaturan ini sangat penting sekali. Karena nantinya, setiap kalimat yang di beri styles Heading 1 dan Heading 2 akan menjadi daftar isi. Pengaturan styles  ini ada di menu Home.
- Jika sobat sudah mengatur style masing-masing, Tempatkan kursor pada halaman yang akan di simpan daftar isi buku atau makalah.
- Klik Menu Reference\Table of Content lalu pilih model daftar isi yang di inginkan. Untuk pengaturan lebih lanjut, sobat bisa melakukannya di insert table of content…
- Silahkan edit kata “Content” menjadi “Daftar isi”, atau kata lainnya terserah sobat. Jika sobat melakukan pengeditan lagi pada isi buku sehingga nomor halamannya berubah, sobat hanya perlu klik update table…  Update page number only =  hanya untuk meng-update nomor halamannya saja, sedangkan Update entire table = untuk meng-update secara keseluruhan.

  5. Memberi Nomer halaman
Setelah semua di rasa selesai dan benar beri nomor pada halamnya. Caranya mudah yaitu:
-  Buka document yang  akan diberi nomor halaman otomatis
-  Klik menu insert page -> number lalu pilih model nomor yang diinginkan
- Secara default urutan nomor adalah 1,2,3… dst. Untuk merubahnya anda bisa melakukannya di menu insert ->page number ->format page numbers lalu silahkan atur format yang di kehendaki

Sekian dan terimakasih. Maaf apabila ada kesalahan
Newest
Previous
Next Post »