Yak, pada kesempatan ini saya
akan membahas tentang penggunakan software besutan microsoft yaitu Ms. Word
dalam pembuatan makalah yang baik dan benar. Microsoft word adalah sebuah
perangkat lunak (software) pengolahan kata yang sering digunakan didunia kerja
khususnya perkantoran dan dunia pendidikan. Sebagian besar penggunanya banyak
yang tidak tau menggunakan software ini dengan baik dan benar, contohnya saya
sendiri. Tetapi setelah mengikuti kelas PTI Bapak Jasson saya sudah sedikit
mengerti dengan cara menggunakan software ini dengan baik dan benar.sebelumnya
dalam penggunaan word saya masih serba manual Contohnya penulisan judul pada
sebuah bab. Padahal hal-hal seperti itu bisa dilakukan dengan secara otomatis.
Artinya hanya sekali pengaturan semuanya akan mengikuti pola yang sudah di atur
sebelumnya.Hal ini sangat besar sekali manfaatnya. Selain kerja lebih cepat.
Pengaturan pada setiap judul akan sama dan seragam, begitu juga
pengaturan-pengaturan yang lainnya. Selain itu banyak sekali kegunaan lainnya
yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan trik membuat makalah tersusun
rapih. Caranya adalah :
1. Setting Page layout
Sebelum anda memulai mengetik,
biasakan mengatur terlebih dahulu page layout document. Hal ini sangat pengting
mengingat makalah yang akan sobat buat hasilnya akan di print out. Pengaturan
page layout ini meliputi, pemilihan kertas yang akan digunakan untuk di
printout, posisi kertas, jarak margin dan lain sebagainya. Adapun caranya sobat
tinggal pilih menu page layout kemudain silahkan atur sesuai kebutuhan.
- Margins digunakan untuk mengatur
jarak dari ujung kertas ke area teks atau tulisan.
- Orientation digunakan untuk
mengatur posisi kertas
- Size digunakan untuk memilih
ukuran kertas yang akan sobat gunakan untuk membuat makalah. Biasanya
menggunakan ukuran kertas A4
- Columns digunakan untuk membuat
kolom
2. Setting
style di word
Setelah Berhasil Setting layout, yan anda
lakukan untuk membuat makalah rapih adalah setting styles. Ini dilakukan untuk
membuat style pada document makalah, jadi seluruh isi makalah menggunakan satu
style yang sudah kita buat sebelumnya. Caranya adalah sebagai berikut:
- Buka telebih daluhu Word lalu Pilih menu Home > klik
kanan Style Normal > kemudian pilih modify… pengaturan ini adalah untuk
mengatur style normal pada document word anda.
- Setelah pengaturan modify style muncul, klik format
kemudian atur format font dan paragraph. Atur sesuai kebutuhan setelah itu oke
untuk keluar.
- Lakukan
hal sama pada Hading 1 dan 2 sebagai sub judul
3. setelah semua sudah diatur, saatnya kita
membuat sebuah makalah. pada umumnya bagian makalah seperti ini:
1. Cover makalah
2. Judul makalah
3. Daftar isi
4. Pendahuluan
5. Isi
6. Penutup
7. Daftar pustaka
Secara default ketikan pada
Microsoft word akan menggunakan style normal. Yang pengaturannya sudah anda
lakukan diatas.Jika anda mau membuat judul, silahkan tulis judul yang sobat
inginkan, kemudian pilih style heading 1, begitu juga untuk sub judul, sobat
pilih heading 2.
4. Cara
Membuat Daftar isi
-
Buka document yang akan diberi daftar isi
- Aturlah styles nya. Normal =
untuk tulisan normal, Heading 1 = untuk
judul, Heading 2 = untuk sub judul. Pengaturan ini sangat penting sekali.
Karena nantinya, setiap kalimat yang di beri styles Heading 1 dan Heading 2
akan menjadi daftar isi. Pengaturan styles
ini ada di menu Home.
- Jika sobat sudah mengatur
style masing-masing, Tempatkan kursor pada halaman yang akan di simpan daftar
isi buku atau makalah.
- Klik Menu Reference\Table of
Content lalu pilih model daftar isi yang di inginkan. Untuk pengaturan lebih
lanjut, sobat bisa melakukannya di insert table of content…
- Silahkan edit kata “Content”
menjadi “Daftar isi”, atau kata lainnya terserah sobat. Jika sobat melakukan
pengeditan lagi pada isi buku sehingga nomor halamannya berubah, sobat hanya
perlu klik update table… Update page
number only = hanya untuk meng-update
nomor halamannya saja, sedangkan Update entire table = untuk meng-update secara
keseluruhan.
5. Memberi Nomer halaman
Setelah semua di rasa selesai dan
benar beri nomor pada halamnya. Caranya mudah yaitu:
- Buka document yang akan diberi nomor halaman otomatis
- Klik menu insert page ->
number lalu pilih model nomor yang diinginkan
- Secara default urutan nomor
adalah 1,2,3… dst. Untuk merubahnya anda bisa melakukannya di menu insert
->page number ->format page numbers lalu silahkan atur format yang di
kehendaki
Sekian dan terimakasih. Maaf
apabila ada kesalahan