Cara Menghilangkan Virus Shortcut


Virus shortcut bekerja dengan cara menyembunyikan file asli pada komputer ataupun flashdisk. Proses menyembunyikannya dilakukan dengan cara mengubah file attribut menjadi supper hidden. Selanjutnya virus akan membuat duplicate file tersebut dalam bentuk shortcut (terdapat tanda panah kecil pada icon file).
Berbeda dengan cara kerja virus lain, virus ini sebenarnya tidak merusak file kita. Hanya saja disembunyikan dalam bentuk supper hidden. Jadi jika settingan komputer kita tidak di setting untuk menampilkan file yang memiliki attribut supper hidden, maka seolah – olah file asli kita tampak seperti “Hilang”.
Nah, biar tidak bingung dan panik pada saat terserang virus shortcut ini sobat bisa menampilkan file yang disembunyikan oleh virus ini dengan sangat mudah. Silahkan coba tehnik berikut ini.

Cara menampilkan file yang disembunyikan oleh virus shortcut

1. Masuk kedalam windows explorer. Untuk lebih mudahnya silahkan tekan tombol windows pada keyboard secara bersamaan dengan huruf “E“.
2. Setelah masuk kedalam windows Explorer, lakukan pengaturan file and folders didalam folder options. Langkah ini bisa sobat lakukan dengan masuk kedalam menu tools, atau dengan cara menekan tombol altbersamaan dengan huruf “T“. Setelah itu plih folder options.
3. Setelah window folder options terbuka, pilih tab view dan lakukan pengaturan seperti gambar dibawah ini.

Cara Tuntas Menghilangkan Virus Shortcut 

1. Dalam hal ini misalnya flashdisk berada pada drive G. Untuk melakukan penghapusan, silahkan masuk drive f menggunakan command prompt atau yang biasa dikenal dengan cmd. Caranya masuk ke RUN atau tekan tombol windows bersamaan dengan huruf R, selanjutnya masukkan cmd pada kotak dan enter.


2. Setelah jendela commandpromt terbuka, masuk ke drive G (drive dimana flashdisk terpasang) dengan cara ketik G: dan enter.



3. Lakukan penghapusan dengan cara mengetikkan r/ kemudian tekan Enter, jika muncul error, cukup ketikan del *.lnk dan tekan Enter.



4. Masih di dalam Command Promt (cmd). Ketikan lagi drive letter usb kita contoh F: kemudian tekan enter. Ketikan attrib -s -h -r /s /d tekan Enter sekali lagi. (jika muncul error coba hilangkan hanya /d saja atau /s saja).


5. Tunggu proses perubahan attribut ini sampai selesai. Setelah selesai selanjutnya file yang disembunyikan oleh virus shortcut ini sudah bisa tamnpil kembali dalam mode normal.

selamat mencoba
Previous
Next Post »